5 Cara Membuat Efek Blur di Photoshop

Posted by Mustguzz on Sunday, December 30, 2012

Tutorial kali ini akan membahas bagaimana cara membuat efek Motion Blur, Spin Blur, Zoom Blur, Lens Blur, Surface Blur di Photoshop.

Motion Blur

1. Duplikat background layer 3x, caranya dari panel menu di photoshop, pilih Layer > Duplicate Layer. Lakukan ini 3x sehingga nantinya kita dapat 3 layer yaitu background, background copy, background copy 2, background copy 3.

2. Pada layer background copy 3, gunakan tool untuk menseleksi (seperti lasso tool, pen tool atau magic wand) pada bagian yang tidak akan di blur, misal pada bagian mobil pada foto ini.

3. Jika sudah terseleksi (seperti gambar diatas) selanjutnya klik icon add vector mask untuk membuat layer mask pada layer background copy 3. Lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

4. Pada layer background copy 2, seleksi di bagian kaca mobil yang nantinya akan di blur lalu klik icon add vector mask, kemudian klik kanan pada layer tsb dan convert to smart object. Lakukan hal yang sama untuk layer background copy. Drag/geser layer background copy 3 agar berada dibawah kedua layer ini.

5. Membuat Motion Blur pada layer background: Select/pilih/tempatkan pointer pada layer background, lalu klik Filter > Blur > Motion Blur. Atur kedalaman efek blur yang diinginkan. Lakukan hal yang sama untuk layer background copy dan background copy 2.

Note: Jika sobat tidak menggunakan objek dengan gambar mobil seperti diatas, langkah no 4 dapat dilewati.
Jika sudah mendapatkan hasil efek motion blur yang diinginkan, save pekerjaan sobat, save as juga kedalam format JPEG.

Spin Blur

Buka file gambar yang sudah sobat save tadi dan buatlah seleksi pada bagian ban mobil dengan menggunakan lasso tool. Lalu pilih menu Filter > Blur > Radial Blur, pilih efek spin dan atur seperti gambar dibawah ini. Jika sudah klik OK, lakukan hal yang sama untuk roda satunya.

Zoom Blur

1. Duplikat layer background 1x, lalu seleksi bagian yang tidak di blur pada layer background copy. Misal, objek mobil seperti gambar dibawah ini.

2. Jika sudah diseleksi, klik icon add vector mask seperti gambar dibawah ini.

3. Membuat efek Zoom Blur: tempatkan pointer mouse pada layer background, lalu cari menu Filter > Blur > Radial Blur. Berhubung objek yang digunakan adalah gambar mobil yang tampak dari depan, maka blur method yang dipilih adalah zoom. Hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Lens Blur

Dengan teknik ini seolah-olah objek menjadi auto focus karena efek blur pada background. Berikut tutorialnya:
1. Seleksi bagian/objek yang akan di auto focus, misal pada foto dibawah ini (foto waktu ultah sweet seventeen adikku kemarin :P). Jika sudah terseleksi, tekal ctrl+c (copy) lalu ctrl+v (paste) untuk mendapat layer dengan hasil seleksi tsb.

2. Membuat efek Lens Blur: Pada layer background, pilih menu Filter > Blur > Lens Blur. Sesuaikan ketajaman efek blur yang sobat inginkan, jika sudah pilih OK. Hasilnya kurang lebih seperti foto dibawah ini.

Surface Blur

Cara ini kita dapat menghaluskan permukaan objek. Biasanya teknik ini digunakan untuk menghaluskan permukaan kulit/wajah agar tampak seperti di make over.

1. Seleksi objek yang akan dihaluskan permukaannya, misal pada bagian wajah seperti foto dibawah ini. Jika sudah diseleksi, tekan ctrl+c lalu ctrl+v.

2. Menghaluskan permukaan kulit wajah: Filter > Blur > Surface Blur pada layer yang sudah diseleksi tersebut.

{ 1 comments... read them below or add one }

JeJe said...

makasih ya infonya, bermanfaat

Post a Comment