Cara Instal Bahasa Jepang di Windows XP

Posted by Mustguzz on Thursday, February 7, 2013

Tutorial cara instal bahasa jepang di windows xp agar dapat menampilkan, mengetik/menulis huruf jepang seperti kanji, hiragana dan katakana. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Regional and Languages Options

Klik Starts > Control Panel lalu masuk ke Regional and Language Options.

2. Instal Files for East Asian Languages

Ada 3 tab didalam Regional and Languages Options, klik pada tab "Languages" Centang/klik pada checkbox "Instal Files for Asian Languages" lalu klik Apply/OK. Jika muncul pesan yang menyatakan proses instalasi bahasa memerlukan CD Windows XP, silahkan sobat masukkan CD Windows XP kedalam CD/DVD Drive pada komputer/laptop sobat. Tunggu beberapa menit hingga proses instal bahasa selesai. Setelah file untuk bahasa asia selesai di instal, klik tombol detail dan ikuti langkah no 3.

3. Menambah Keyboard Jepang

Setelah meng-klik tombol detail, Windows akan menampilkan daftar bahasa yang sudah terinstal di komputer/laptop sobat. Selanjutnya klik Add untuk menambah bahasa jepang.

Lalu pilih Japanese pada input languages dan keyboard layout/IME

4. Menambah Bahasa Jepang pada Tab Advanced

Langkah no 4 ini boleh dilakukan boleh tidak (optional). Namun, jika sobat menginginkan bahasa jepang agar support dan bisa digunakan di semua program yang menggunakan bahasa jepang seperti kamus, maka langkah ini perlu dilakukan.

Kembali pada Regional and Language Options lalu klik Tab Advanced. Sobat tidak perlu melakukan apa-apa lagi pada "Code page conversion tables" setelah memilih bahasa jepang (Japanese), karena secara default pilihan untuk bahasa Jepang dan bahasa asia timur lainnya sudah terpilih. Sobat hanya meng-klik OK saja.

Selesai, sekarang OS Windows XP sobat sudah dapat menggunakan bahasa jepang.

{ 1 comments... read them below or add one }

Unknown said...

kalo ngebaliin ke semula tinggal di unchecklist atau gimana ? (r',')/

Post a Comment