Membuat Efek Flash di Blog

Posted by Mustguzz on Sunday, March 11, 2012

Membuat Efek Flash di Blog - Kali ini TipsohTrik akan posting tentang tips mempercantik blog, bagaimana cara bikin dan pasang animasi flash di blog. Maka dari itu sekarang mari kita buka bukaan, Buka sitik JOSS buka akeh Gobyos, buka lewih akeh Gembrobyos.. Apakah itu?? . Mulai ngaco dah, kembali kebahasan, fokus !!! . Pertama saya akan membahas tentang  bagaimana membuat animasi flash menggunakan program Swish Max.

Tutorial Membuat Animasi Flash

  1. Buka program Swish Max (of course)
  2. Klik menu Modify lalu pilih Movie PropertiesKemudian ubah pixel (width & height) sesuai keinginan anda. Karena disini saya akan memasang animasi flash pada widget blog saya yang lebarnya 265 pixel, maka saya sesuaikan pada animasi flash yang akan saya buat, width 265 dan heightnya saya set jadi 75 pixel. Background color #310397.
  3. Lalu buat tulisan menggunakan text tool:
    1. Pada kotak warna merah, anda bisa merubah properties font (tulisan), ukuran, warna, spasi, nama fontnya dsb.
    2. Pada kotak warna ungu, itu adalah panel menu "Timeline", scene dan layer si objek animasi.
    3. Pada kotak warna hijau, itu adalah panel menu tool yang merupakan alat kerja anda.
  4. Selanjutnya kita akan mulai membuat efek animasi pada text tersebut. Klik menu "Add Effect" yang ada disebelah panel menu "Timeline" (pojok kiri atas). Pilih Looping continuously, lalu pilih pilihan efek yang anda suka. Perhatikan properties dari si efek yang anda pilih (klik ctrl+enter untuk melihat preview animasi). Perhatikan juga panjang / lama waktu timeline si efek, pilih dan tarik garis efek kekanan menurut urutan panjang timeline-nya untuk menentukan lamanya animasi.
  5. Lakukan hal yang sama pada text / tulisan lainnya untuk membuat efek animasi.
  6. Setelah selesai dengan projek anda, klik file lalu pilih save untuk menyimpan projeknya.
  7. Klik file lalu pilih export SWF, untuk menjadikan file flashnya (.swf).

Upload dan pasang animasi flash di Blog

  1. Platform Wordpress, didalam dashboard pilih menu Media lalu add newSebelum klik Save all changes, copy alamat URL file flash.swf tersebut ke notepad (keterangan gambar: kotak warna ungu).
    • Sekarang masuk menu Appearance Widgets. Pilih text widget lalu tarik/ simpan di sidebar Blog.
    • Copy script ini ke text widget Blog anda: <object classid="clsid:d27cdb6e-ae6d-11cf-96b8-444553540000" width="270" height="75" codebase="http://download.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab#version=6,0,40,0"><param name="src" value="http://aguswijanarko.com/wp-content/uploads/2011/10/mustguzzBlog.swf" /><embed type="application/x-shockwave-flash" width="270" height="75" src="http://aguswijanarko.com/wp-content/uploads/2011/10/mustguzzBlog.swf"></embed></object>keterangan script: ubah value width & height pada script agar sesuai dengan value width & height file flash.swf anda (tulisan warna orange). Dan ubah juga src URL file flash.swf yang anda paste di notepad tadi (tulisan warna merah). Lalu Save.
Sekarang preview blog anda, apakah file flash.swf tersebut sudah terpasang. Jika sudah (naaah mantabb kan). Oya silahkan mencoba efek efek animasi pada swishmax lainnya. Anda juga bisa menambahkan banyaknya layer dan scene agar animasi flash anda lebih powerfull lagi. Selamat berkreatifitas dan bereksplorisasi ria membuat efek flash di blog.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment